Jurnal Indonesia Baru

Pemkab Purwakarta, Mengerahkan 180 Kendaraan Plat Merah Untuk Menjemput Seluruh Calon Jemaah Haji

JIB | Purwakarta,- Sebanyak 404 jamaah calon haji Kabupaten Purwakarta tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 diberangkatkan, akan tetapi ada yang menarik banyaknya iring – iringan kendaraan plat merah milik pejabat Pemda Purwakarta yang dikerahkan untuk menjemput seluruh calon jamaah dari rumah menuju titik pemberangkatan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan bahwa kendaraan berplat merah menjemput jamaah haji merupakan tradisi pemkab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setiap tahunnya.

“Rutin dan setiap tahun sudah kita lakukan, kan ini bagian pelayanan kita kepada masyarakat,” ujar Anne di Purwakarta. Senin (8/7/2019).

Adapun untuk titik kumpul, sebelum berangkat calon jamaah haji asal Purwakarta, akan berkumpul dahulu di Tajug Gede Cilodong, Bungursari Purwakarta, yang sebelumnya titik kumpul dipusatkan di Yon Armed 9 Purwakarta. Setelah itu mereka akan berangkat menuju emberkasi asrama haji di Bekasi.

Selain itu menurutnya, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, apalagi untuk jamaah yang terhitung jauh dari titik kumpul.

Pemkab Purwakarta, mengerahkan 180 kendaraan plat merah untuk menjemput seluruh calon jemaah haji, kendaraan tersebut dikerahkan di 17 kecamatan, hampir seluruh kendaraan yang biasa digunakan operasional untuk pejabat ini, dijadikan kendaraan antar jemput.

“Untuk kepulangan pun tetap, kita jemput mereka dan antarkan kerumahnya masing – masing, seluruh kendaraan pejabat kita kerahkan di 17 kecamatan, total kendaraan ada 180,” tambah Anne.

Sedangkan menurut salah seorang jamaah haji asal Seulaeurih Jatiluhur mengapresiasi langkah Pemkab Purwakarta, dengan memberikan kendaraan jemputan hal tersebut bisa meringankan biaya transportasi.

“Kita syukuri karena bisa mengurangi sewa kendaraan, soalnya kan terkadang harus menyewa beberapa kendaraan karena ingin ikut mengantarkan,” ujar M Adma.

Untuk keberangkatan Jamaah Haji asal Kabupaten Purwakarta dibagi dalam dua kloter yaitu kloter 10 sebanyak 404 Jamaah haji dan 354 Jamaah Haji kloter 42 yang akan berangkat pada 19 Juli 2019. (Dre)