JIB | KABUPATEN BEKASI- Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android “Si-Panjul” (Sistem Informasi Pantauan Jalan Utama Live) pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

Pada kota kota besar selalu mengalami problema yang sama, yakni kemacetan lalu lintas. Hal ini tentu menjadi tugas tersendiri bagi pemerintah daerah untuk mengurangi kemacetan yang menjadi keluhan masyarakat perkotaan. Khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi terdapat 16 titik rawan kemacetan.

Hal ini terjadi karena wilayah ini memiliki kawasan industri terbesar di Asia Tenggara di ikuti kawasan permukiman yang tersebar. Dengan adanya kawasan tersebut tentunya menciptakan pola pergerakan aktivitas masyarakat yang sangat komplek. Berbagai cara diterapkan oleh pemerintah daerah untuk menanggulangi kemacetan.

Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi yang menerapkan sistem pengendalian lampu lalu lintas, yaitu ATCS. Sistem ini sudah terbangun secara bertahap sejak tahun 2015 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pemerintah Kabupaten Bekasi yang diharapkan mampu melakukan pengawasan tentang kemacetan, pelanggaran, dan pengendalian lalu lintas pada persimpangan jalan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Karena untuk mengatasi kemacetan juga dibutuhkan partisipasi dari masyarakat, sistem pengawasan lalu lintas ini juga melakukan pelayanan publik secara live mode selama 24 jam penuh, yang berarti masyarakat umum bisa mengetahui kondisi lalu lintas ataupun cuaca pada lokasi yang terkoneksi cctv dari sistem ATCS (area traffic control sistem) secara live atau secara langsung real time dalam waktu itu juga.

Tentu dengan pelayanan ini, masyarakat dapat memilih jalur lalu lintas yang kondisinya lancar, sehingga diharapkan nantinya terjadi pemerataan beban lalu lintas. Yang pada akhirnya dapat mengurangi kemacetan pada satu ruas jalan tertentu dan terwujudnya kenyamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas .

Berikut adalah inventarisasi masalah yang menjadi latar belakang : Terbatasnya petugas pengurai kemacetan di lapangan, Terbatasnya petugas operator tmc/ untuk menyampaikan update informasi lalu lintas melalui media sosial twitter ATCS KAB.BEKASI dengan follower aktif lebih dari 3000 follower serta melalui akun instagram atcs_kab_bekasi dengan follower lebih dari 2000 follower . Informasi kondisi lalu lintas tersampaikan hanya pada jam sibuk, Update informasi lalu lintas di akun media sosial hanya tergantung operator,tidak real time bisa di akses masyarakat pengguna jalan Luasnya wilayah Kabupaten Bekasi dengan titik aktifitas yang tersebar menciptakan mobilitas tinggi dengan pola pergerakan lalu lintas yang tidak ideal.

Melihat dari permasalahan yang ada dalam area organisasi khususnya pada Seksi Informasi dan Teknologi Transportasi perubahan difokuskan pada Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android “Si-Panjul” (Sistem Informasi Pantauan Jalan Utama Live) pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

Tantangan yang dihadapi dalam pelayanan Dinas Perhubungan adalah : Belum terciptanya transportasi yang aman, cepat, lancar, teratur dan efesien serta tertib artinya pencapaian transportasi yang sebagaimana dirumuskan dengan penuh rasa tanggung jawab dapat merespon aspirasi dan keinginan masyarakat Kabupaten Bekasi dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang diinginkan.

Belum terwujudnya sistem pelayanan publik berbasis teknologi informasi, artinya mewujudkan peningkatan pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi yang akurat dan dapat terpercaya dalam menunjang pembangunan daerah melalui suatu proses atau mekanisme penyusunan secara berjenjang mulai dari bawah (bottom up) Berdasarkan fenomena permasalahan di atas, perlu kiranya dilakukan pengembangan untuk mengatasi permasalahan dengan melakukan Proyek Perubahan yang dilaksanakan secara sistematis, terpadu dan berkelanjutan.

Kasi IT Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan Tujuan dari proyek perubahan Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android “Si-Panjul” (Sistem Informasi Pantauan Jalan Utama Live) pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi adalah.

“Jangka Pendek : Tersedianya Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Tersedianya Pedoman Teknis Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Tersedianya SOP Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Terlaksananya Sosialisasi Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Tersediaanya Aplikasi sistem Aplikasi Pantauan Jalan Utama Live pada Playstore android.

Jangka Menengah : Terkoneksinya Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android pada titik – titik CCTV yang terpasang pada jalan utama.

Jangka Panjang Terkoneksinya Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android pada seluruh titik kemacetan atau simang yang terpasang CCTV . Terkoneksinya Aplikasi sistem Aplikasi Pantauan Jalan Utama Live dengan web resmi Pemerintah Kabupaten Bekasi.” Ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi R. Yana Suyatna S.IP, M.Si. mengatakan Manfaat penting yang diharapkan dapat dihasilkan dari proyek perubahan “Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android “Si-Panjul” (Sistem Informasi Pantauan Jalan Utama Live) pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi” yang mandiri dan martabat.

“Manfaat Bagi Pemerintah Daerah Mendukung reformasi birokrasi dan perbaikan kinerja pegawai. Meningkatkan pelayanan Publik Mendukung era digitalisasi pelayanan Pemerintah Mendukung Program pemerintah menuju smart city Manfaat Bagi Dinas Perhubungan Terciptanya Pola pergerakan Lalu lintas yang ideal di wilayah Kabupaten Bekasi.” Ujarnya.

Tambah Yana. Terbantunya petugas pengurai kemacetan mendapatkan informasi tentang waktu dan titik kemacetan . Membantu operator ATCS dalam update info lalu lintas . Informasi lalu lintas terupdate oleh masyarakat tanpa harus menunggu update operator ATCS . Manfaat Bagi Masyarakat Memudahkan masyarakat dalam memantau kondisi lalu lintas dan cuaca secara realtime sebelum melakukan perjalanan . Membantu masyarakat dalam merencanakan perjalanan menghindari titik kemacetan ataupun cuaca yang tidak mendukung perjalanan. Meningkatnya kepuasan masyarakat.

“Mengingat adanya keterbatasan waktu dalam proyek perubahan ini (kurang lebih 2 bulan) dan untuk menghindari adanya multi tafsir dalam penulisan ini, peserta diklatpim batasi hanya pada terlaksananya “Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android “Si-Panjul” (Sistem Informasi Pantauan Jalan Utama Live) pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi”.” Jelasnya.

Yana juga akan Membentuk Tim Efektif. Membuat Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Membuat Pedoman Teknis Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Membuat SOP Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Melaksanakan Sosialisasi Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android. Tersedianya Sistem Aplikasi Pantauan Lalu Lintas Secara Live Mode Berbasis Android pada playstore android. (Sep).