JIB | Karawang, – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Rengasdengklo, melakukan kroscek langsung kelokasi pembangunan dibeberapa titik di Desa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, dengan dibiayai Dana Desa tahun 2019, yang digelontorkan Pemerintah Pusat , Kamis (02/01/19).

Harry Permana selaku Sekretaris Desa Kertasari, mengatakan bahwa tim monev bergerak untuk mengkroscek realisasinya pembangunan diberbagai sektor di desa kertasari yang dibiayai dana desa tahap 3 tahun 2019. Hal ini untuk memastikan seluruh pembangunan sudah selesai dikerjakan.

“Pemeriksaan dilakukan pada beberapa titik pembangunan, diantaranya jalan setapak dan lainnya. Pemeriksaan sendiri dilakukan secara detail, mulai dari ketebalan, panjang jalan, hingga lebar jalan,” ucapnya waktu ditemui jurnalindonesiabaru.com, diruang kerjanya, Kamis (02/01/20).

Sebelumnya, akan melaksanakan pembangunan dengan dibiayai dana desa, lanjut Harry mengatakan, pihaknya lakukan tahapan penyusunan rancangan prioritas penggunaan dana desa. Dalam penyusunan tersebut adalah rancangan RKP desa berdasarkan hasil kesepakatan dalam musyawarah desa sesuai berdasarkan kelengkapan data dan informasi.

“Kita dibantu tim desa dalam penyusun RKP untuk menyusun rancangan prioritas kegiatan pembangunan yang dibiayai dana desa. Hal tersebut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat desa, sehingga dalam penggunaan dada desa tepat sasaran dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, tim monev kecamatan rengasdengklok, selain memeriksa pembangunan bersumber anggaran dari dana desa yang telah diserap pemerintahan desa kertasari, juga melakukan pemeriksaan administrasi desa yang berhubungan dengan realisasinya dana desa.

Sementara, Camat Rengasdengklok Kabupaten Karawang, Sri Redjeki, mengatakan bahwa tim kecamatan melakukan monev di desa kertasari untuk meriksa pembangunan yang dibiayai dana desa tahap 3 tahun 2019, dengan tujuan agar dapat diketahui sejauh mana hasil pembangunan tersebut yang sudah selesai dibangun.

“Dari monitoring dan evaluasi (monev) yang kita lakukan hari ini semuanya berjalan dengan baik, dan hasil sementara dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim, bahwa pembangunan dan admistrasinya sangat bagus, karena dalam pelaksanaannya sesuai draf sebelumnya,” pungkasnya.(Sule/Ey)