Jurnal Indonesia Baru

Klien Bapas Kelas II Bekasi Mendapatkan Pelatihan dan Bimbingan

JIB | Kabupaten Bekasi – Bapas Kelas II Bekasi melaksanakan program unggulan berupa Bimbingan Kemandirian pembuatan pizza dengan mengundang berbagai stake holder terkait. Pelatihan ini dilaksanakan di Cafe Imah Bageur yang berlokasi tidak jauh dari Kantor Bapas. mbuatan makanan kekinian yang mudah, aplikatif, dan bisa dipraktekkan untuk usaha pribadi/kelompok.

Diharapkan bisa memberikan keterampilan kepada klien pemasyarakatan Bapas Kelas II Bekasi sehingga bisa memberikan bekal untuk penghidupan mereka setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Balai Pemasyarakatan Kelas II Bekasi melaksanakam kegiatan bimbingan kemandirian dengan tema meningkatkan keteampilan wirausaha Pelatihan Pembuatan Pizza bagi klien Pemasyarakatan. Kegiatan ini bekerjasama dengan PKK Desa Pasir Tanjung.

Kegiatan bimbingan kemandirian diikuti oleh 50 klien Bapas kelas II Bekasi yang hadir. Kegiatan berjalan lancar dan peserta sangat antusias dalam mngikuti acara hingga selesai.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan bimbingan kemandirian ini, dapat meningkatkan kemampuan klien balai pemasyarakatan Bekasi, sehingga mampu menambah skill untuk menunjang kehidupannya nanti agar lebih baik lagi.” ujar Jumadi dalam kegiatan bimbingan dan pelatihan yang mewakili Kabapas.

Dalam kesempatan yang sama, Hj. Mar Mariyah selaku Kepala Desa Pasir Tanjung saat di wawancara awak media mengatakan, pihaknya selaku Pemerintah Desa sangat mendukung kegiatan tersebut karena memberikan ilmu yang bermanfaat bagi klien Bapas.

“Kami dari Pemerintah Desa Pasir Tanjung yang melibatkan PKK sangat mensupport kegiatan pelatihan seperti ini, karena ini bisa bermanfaat dan mudah-mudahan ilmu ini bisa mereka praktekan untuk berwirausaha setelah bebas nanti,” ujar Kepala Desa Pasir Tanjung. (Wati)